Site Map

Rabu, 28 Desember 2011

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2011 Polres Pekalongan

KAJEN - Dalam rangka pengamanan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012, Polres Pekalongan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2011 yang diselenggarakan hari ini (22/12) di Jalan Raya Mandurorejo Kajen. Kapolres Pekalongan AKBP Hanif, S.IK selaku inspektur upacara mengawali apel gelar pasukan operasi Lilin Candi 2011 dengan melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinhub, Linmas, Pemadam Kebakaran, PMI, dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Menandai dimulainya Operasi Lilin Candi 2011 di wilayah Polres Pekalongan, Kapolres Pekalongan AKBP Hanif, S.IK melakukan penyematan pita  tanda operasi lilin candi 2011 kepada perwakilan dari unsur TNI, Polres Pekalongan, Dinas Perhubungan, dan Linmas.

Kapolres Pekalongan dalam amanatnya dengan membacakan Sambutan Kapolri Jenderal (Polisi) Drs. Timur Pradopo, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan apel gelar pasukan operasi lilin 2011 yang diselenggarakan serentak diseluruh Polda dan satuan kewilayahannya di Indonesia dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan Polri beserta unsur terkait lainnya dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru sehingga masyarakat dapat  melaksanakan perayaan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 secara aman, nyaman, tertib dan lancar.

Berdasarkan isi sambutan yang dibacakan oleh Kapolres Pekalongan, disampaikan bahwa Hari Raya Natal senantiasa diperingati Umat Kristiani dengan kebaktian di gereja dan perayaan natal, demikian pula dalam menyambut pergantian tahun selalu identik dengan berbagai kegiatan yang penuh dengan bernuansa kegembiraan dan keramaian. Kondisi semacam ini akan mengakibatkan terjadinya peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tentunya berpotensi menimbulkan berbagai macam permasalahan, gangguan kamtibmas, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Berdasarkan Data Pusat Pengendalian Operasi Mabes Polri disebutkan bahwa gangguan kamtibmas di seluruh Indonesia pada tahun 2011 mengalami peningkatan sebesar 6,3% dari 298.988 kasus pada tahun 2010 menjadi 317.016 kasus pada tahun 2011. Kasus laka lantas secara kuantitas dan kualitas juga mengalami peningkatan 2010 telah terjadi 104.826 kejadian dengan korban meninggal dunia 29.950 orang. Tahun 2011 terjadi 106.129 kejadian dengan korban meninggal dunia 30.629 jiwa. Berbagai aksi anarkisme dan ancaman terorisme dalam kurun 2011 masih mewarnai lembaran kantibmas di tanah air tentunya menjadi ancaman serius yang harus mendapat atensi didalam momentum perayaan natal dan tahun baru kali ini.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan natal 2011 dan tahun baru 2012, Polri beserta instansi terkait dengan dibantu oleh mitra kamtibmas menggelar operasi lilin 2012, yang berjalan selama 10 hari dimulai 23 Desember 2011 sampai 1 Januari 2012. Operasi kepolisian bersifat terpusat ini merupakan operasi kemanusiaan terpadu yang lebih mengedepankan tindakan preemptif dan preventif dengan didukung oleh kegiatan penegakan hukum dan deteksi dini.

Dalam rangka memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, sebanyak 83.547 personil Polri dan 18.917 personil TNI serta instansi terkait lainnya telah dikerahkan dan ditempatkan pada 4.292 pos pengaman dan 229 pos pelayanan akan ditempatkan di berbagai lokasi yang menjadi obyek perayaan natal dan tahun baru di seluruh wilayah Indonesia seperti tempat-tempat ibadah, obyek wisata, jalur-jalur pergerakan orang dan barang, serta lokasi perayaan pergantian tahun.

Berdasarkan karteristik kerawanan daerah dan intensitas kegiatan masyarakat dalam pelaksanaan operasi lilin 2011 telah ditetapkan pembagian daerah operasi di wilayah 14 Polda sebagai prioritas pertama yang meliputi : Polda Papua, Polda Sultra, Polda NTT, Polda Sulteng, Polda Sulut, Polda Maluku, Polda Sumut, Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda  Jabar, Polda Jateng, Polda DIY, Polda Jatim, dan Polda Bali.  Sedangkan untuk 17 Polda prioritas kedua meliputi: Polda Aceh, Polda Sumbar, Polda Riau, Polda Sumsel, Polda Lampung, Polda Kepri, Polda Jambi, Polda Babel, Polda Bengkulu, Polda Sulsel, Polda Kaltim, Polda NTB, Polda Kalsel, Polda Kalbar, Polda Kalteng, Polda Gorontalo dan Polda Maluku Utara.

Melalui pembagian daerah prioritas tersebut,  Polri berharap secara efektif pelaksanaan operasi dapat dicapai dengan baik target  :
  • teruwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam pelaksanaan natal 2011 dan tahun baru 2012 ;
  • teruwujudnya keamanan, keselamatan, kertiban dan kelancaran lalu lintas moda angkyuran darat, angkutan laut, sungai,  penyeberangan, sungai, udara
  • terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusikebutuhan bahan pokok dab BBM sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap harga dan ketersediaannya.
  • terwujudnya keamanan dalam aktifitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan,  terminal, darat, laut, maupun udara, untuk menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan maupun setibanya di tempat tujuan
  • terbangunnya kesiapsiagaan sistem tanggap darurat melalui koordinasi sinergitas lintas sektoral dan antar komponen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat  yang datang secara tiba-tiba seperti bencana alam dan bentuk-bentuk keadaan darurat lainnya
  • termonitor dan terdatanya semua kejadian dengan cermat,  tepat, dan benar,  sehingga dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan analisa dan evalusi berkesinambungan bagi perbaikan dan penyempuraan perencanaan dan pelaksanaan operasi lilin 2012 yang akan datang.

Kapolri berharap kepada semua petugas untuk melaksanakan tugas dengan amanah dan senantiasa mengutamakan sinergi dalam mewujudkan keamanan terbaik menjelang, pada saat dan pasca perayaan natal 2011 dan tahun baru 2012.  Kapolri juga berpesan agar Polisi bertindak tegas namun humanis, dan menjauhkan diri dari sikap arogan dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

Diakhir sambutan Kapolres Pekalongan yang membacakan sambutan tertulis Kapolri, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan berperan aktif dalam Operasi Lilin 2011, serta mengucapkan Selamat Hari Natal 2011 bagi yang merayakan dan Tahun Baru 2012.

Menutup acara apel gelar pasukan, Kapolres Pekalongan didampingi Wakapolres dan petinggi Polres Pekalongan melaksanakan pemeriksaan kesiapan kendaraan operasional Polres dan seluruh Polsek di wilayah Kabupaten Pekalongan yang ikut diapelkan di sisi Selatan Alun-alun Utara Kajen. (eip/Kominfo)

0 komentar:

Posting Komentar