Site Map

Jumat, 23 Desember 2011

Kabupaten Magelang Miliki 541 Unit Koperasi Potensial

KOTA MUNGKID - Keberadaan koperasi yang seharusnya sangat mendukung perekonomian nasional, namun saat ini dirasa masih belum optimal. Hal ini perlu bisa maklumi, mengingat berbagai hambatan yang melingkupinya. Namun, keberadaan koperasi telah teruji dalam menghadapi kesulitan usaha, karena dalam keadaan krisis ekonomi ternyata koperasi tetap berada pada tingkat aman dan stabil.

"Sesuai data  tahun 2010, Kabupaten Magelang memiliki koperasi berbadan hukum sebanyak  541 unit, jumlah anggota  157.114 orang, memiliki volume usaha sebesar Rp 313,24 miliar  dengan  Sisa Hasil
Usaha (SHU) sebesar Rp 8,34 miliar," kata Bupati Magelang, Ir Singgih Sanyoto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Magelang, Drs Djanu Trepsilo MM, pada Rakor Bakohumas, Rabu (21/12).

Menurut Bupati Singgih,  data tersebut menunjukkan  potensi besar yang dimiliki oleh koperasi di Kabupaten Magelang, yang perlu terus dikembangkan agar dapat  memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para anggotanya.  "Perlu kami sampaikan, Kabupaten Magelang pada tahun 2012 mendatang, diprogramkan dapat menjadi Kabupaten Penggerak Koperasi Utama." katanya.

Sedangkan  tahun 2010, Kabupaten Magelang telah mendapat predikat sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi  oleh Kementerian Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Untuk itu  diperlukan kerja keras dari seluruh komponen yang ada  dalam rangka mewujudkan  tujuan berkoperasi.

Dengan segala potensi yang dimiliki, Gerakan Koperasi di Kabupaten Magelang  dapat mengembangkan sikap positif dan optimis dalam menatap masa depan yang penuh tantangan. Dengan sikap dan tekad tersebut, maka gerakan Koperasi diharapkan akan tumbuh kuat dan kreatif dalam menyikapi setiap perubahan yang terjadi.

Untuk mewujudkan tekad dan semangat tersebut maka diharapkan seluruh komponen yang ada, baik Pemerintah, UMKM, Dekopinda,  serta  semua pelaku usaha, dapat bersama-sama mengembangkan dan memperkuat kerjasama, kesetiakawanan, dan meningkatkan kinerja kolektif  dalam semangat kebersamaan dan solidaritas.

Pemerintah Kabupaten Magelang, melalui Dinas Perindustrian koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sesuai fungsi dan tugasnya terus berupaya agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang semakin kuat, melalui program-program peningkatan kualitas dan kemandirian koperasi. Pemberdayaan koperasi perlu ditingkatkan melalui kegiatan revitalisasi kelembagaan, pembuatan database koperasi dari berbagai sektor serta melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap koperasi, juga mendorong kelompok usaha-usaha produktif untuk bergabung dalam kelompok, asosiasi maupun sentra agar mampu terus bersaing.

Ketua Koperasi Pariwisata Catra Gemilang Borobudur Suherman menyatakan,koperasi yang berkembang dan kuat akan lebih mempunyai kemampuan memberdayakan potensi anggotanya, sehingga cita-cita meraih kesejahteraan bisa lebih mudah diwujudkan. Menurut Suherman, sebagian besar anggota koperasi bergerak dibidang pariwisata sesuai dengan kondisi Magelang yang merupakan daerah tujuan wisata andalan Jawa Tengah. seperti Candi Borobudur dan lainnya.   *kontributorHumasMagelang

0 komentar:

Posting Komentar