Site Map

Minggu, 18 Desember 2011

70 TAHUN MENUNGGU PEMUGARAN RUMAH

UNGARAN - Suka ceria tersirat di wajah Saroji (36), warga Dusun Ngaliyan RT 01 RW 13 Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur. Betapa tidak, rumah tak permanen tanpa tembok peninggalan orang tua yang ditinggali bersama istri dan dua anaknya akan dipugar setelah lebih dari 70 tahun berdiri. “Bantuan dari Pemkab Semarang ini sangat membantu. Saya akan memanfaatkannya untuk memperbaiki rumah terutama bagian atap dan dindingnya,” katanya.

Bersama 53 orang lainnya, Saroji menerima bantuan pemugaran rumah tidak layak huni tahun anggaran 2011 tahap III lewat Bapermasdes Kabupaten Semarang. Penyerahan bantuan senilai masing-masing Rp 3 juta itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati H Mundjirin didampingi Kepala Bapermasdes Yosep Bambang Tri Hardjono di lantai II Gedung Dharma Satya Praja kompleks Kantor Setda di Ungaran, Jum’at (16/12) siang.   

Bupati H Mundjirin usai penyerahan mengatakan bantuan merupakan bagian dari upaya Pemkab Semarang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diakui, karena keterbatasan kemampuan dana daerah, bantuan tersebut merupakan pancingan (stimulan) swadaya masyarakat setempat. “Diharapkan masyarakat setempat dapat membantu dengan melakukan gotong royong. Selain itu juga dapat disinergikan dengan bantuan dari program lain seperti PNPM,” ujar Bupati.

Dikatakan, peningkatan kesejahteraan warga dapat dimulai dari lingkungan rumah yang sehat dan layak huni. Karenanya, penyediaan rumah yang memenuhi syarat kesehatan untuk segenap lapisan masyarakat menjadi salah satu perhatian Pemkab Semarang. Bantuan pemugaran rumah layak huni ini, lanjutnya, merupakan bagian dari upaya Pemkab Semarang untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bapermasdes Yosep Bambang Tri Hardjono mengungkapkan total dana bantuan pemugaran rumah tidak layak huni tahun 2011 ini sebesar Rp 375 juta. Dana tersebut diserahkan dalam tiga tahap diperuntukkan untuk 125 rumah tidak layak huni yang masing-masing menerima Rp 3 juta.

Pada tahap ketiga kali ini, tambahnya, diserahkan untuk 54 rumah antara lain di Kecamatan Ungaran Barat 8 rumah, Ungaran Timur (3), Bergas (5), Pringapus (1), Ambarawa (2), Bandungan (4), Sumowono (2) dan Suruh (8). Selain itu juga di Susukan (2), Tengaran (2), Bringin (4), Bancak (3), Tuntang (3), Getasan (5) dan Pabelan (1). “Diharapkan bantuan itu dapat mendukung usaha masyarakat kurang mampu untuk memugar rumahnya agar layak huni,” tegas Yosep.(Humas Semarang*/junaedi)

0 komentar:

Posting Komentar