Site Map

Jumat, 23 Desember 2011

Mentan : Pola Tanam Baik, Target Surplus Beras Tercapai

KLATEN – Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MMA mengungkapkan tekadnya untuk memaksimalkan produksi pertanian di Indonesia. Tekad itu harus dilaksanakan bersama-sama dengan menerapkan sistem pola tanam yang lebih baik. Maksimalisasi produksi ini guna mendukung pencapaian surplus beras nasional sebesar 10 juta ton pada 2014.

Menteri Pertanian mengungapkan hal tersesebut saat pemberian bantuan 100 traktor ke kelompok tani di Desa Ngabean, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Rabu (21/12). Selain Mentan hadir juga Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo didampingi Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto MS DAA.

“Dalam menghadapi musim tanam ini, petani bersama pemerintah harus bersinergi dan konsisten dalam upaya memaksimalkan produksi pertanian. Langah ini untuk mewujudkan surplus beras demi ketahanan pangan nasional,” ujar Mentan.

Lebih lanjut Mentan mengharapkan pemerintah petani harus kompak dan mampu mengembangkan bibit unggul yang ada. Selain itu harus pandai-pandai memanfaatkan irigasi. ‘’Dengan demikian target kita bersama dapat dicapai,’’ kata dia.

Dalam kesempatan itu, selain bantuan traktor, Mentan juga menyerahkan bantuan transplanter, bantuan dana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) kepada 72 gapoktan, Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai Rp 8,5 miliar kepada 25 kelompok tani serta bantuan lainnya.

Sementara itu, Gubernur mengungkapkan Pemerintah Propinsi Jateng merupakan salah satu penyangga kebutuhan pangan secara nasional. Sedangkan Klaten sebagai lumbung pangan di Jawa Tengah. Saat ini, capaian surplus beras di wilayah Jawa Tengah berada pada kisaran 600 ribu ton beras. ‘’Saya yakin dengan diawali penanaman serempak ini, target surplus beras nasional sebesar 10 juta ton beras bisa tercapai di 2014 mendatang,’’ ujar dia.   *kontributorHumasKlaten

0 komentar:

Posting Komentar