Site Map

Selasa, 13 Desember 2011

Pantai Tirto Samudro (Bandengan)

Selayang Pandang

Pantai Bandengan, atau juga dikenal dengan sebutan Pantai Tirto Samudro, adalah salah satu obyek wisata pantai unggulan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, selain Pantai Kartini. Pantai yang berjarak sekitar 8 km sebelah utara dari pusat kota (Alun-alun) Jepara ini, terkenal dengan airnya yang jernih, hamparan pasir putihnya yang luas, dan rerimbunan pohon pandan di sepanjang bibir pantainya.

Kenapa obyek wisata ini diberi nama bandengan? Dari cerita yang berkembang di masyarakat, nama Bandengan tidak bisa dipisahkan dengan legenda Pulau Karimunjawa. Legenda itu bercerita perihal keprihatian Sunan Muria atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Singkat cerita, sang Sunan memerintahkan putranya untuk tinggal di sebuah pulau yang terlihat ”kremun-kremun” (samar-samar) dari puncak Gunung Muria dengan maksud agar si anak sanggup menuai ilmu hikmah di pulau itu. Dalam perjalanan menuju pulau yang oleh Sunan Muria dinamai karimun itu, sampailah sang putra di sebuah pantai yang memiliki rawa-rawa dan di dalamnya terdapat banyak ikan bandeng. Karena penduduk sekitar belum memberi nama pantai tersebut, kemudian sang putra menamai pantai itu dengan “Pantai Bandengan”.

Keistimewaan

Kondisi pantainya yang landai, kualitas airnya yang bersih, serta hamparan pasir putihnya yang luas merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Bandengan. Dengan kondisi pantai seperti itu, pengunjung dapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang masih bersih dan sejuk karena jauh dari area perindustrian. Pantai yang sebagian besar lahannya ditumbuhi rerimbunan pohon pandan ini juga cocok untuk kegiatan seperti camping, voli pantai, sepeda santai, dan lain-lain.

Di lokasi obyek wisata ini juga tersedia kapal wisata yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar pantai atau menuju ke Pulau Panjang yang terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Tarifnya pun relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 per orang untuk berkeliling di sekitar pantai dan Rp 10.000 per orang untuk sekali perjalanan menuju Pulau Panjang. Selain itu, setiap tahun (biasanya tengah tahun) di Pantai Bandengan juga diselenggarakan perlombaan motor cross dan festival layang-layang baik yang berskala regional, nasional, maupun internasional.

Lokasi

Pantai Bandengan terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Kota Jepara, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Akses

Jika perjalanan dimulai dari arah Kota Semarang, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Semarang—Jepara. Setelah sampai di Terminal Bus Jepara, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Bandengan dengan ongkos Rp 3.000 (April 2008).
Harga Tiket

Harga tiket masuk dibedakan antara hari biasa dengan hari libur. Pada hari biasa, tiket masuk sebesar Rp 1.000, sedangkan pada hari libur Rp 1.500 (April 2008).
Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Sebagai obyek wisata favorit di Kota Jepara, Pantai Bandengan memiliki sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya: shelter (tempat istirahat sementara di lokasi pantai), kapal wisata, mushola, toliet dan tempat pemandian umum, mini market, motel/rumah penginapan, rumah makan (yang menjajakan makanan khas seperti kerang rebus, rajungan, ikan bakar, dan pindang srani), dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar