Site Map

Minggu, 18 Desember 2011

Pemberitaan Harus Fair, Bukan Penilaian

PATI - Sebagai pewarta, seorang wartawan masih dituntut untuk menyampaikan informasi yang seimbang. Bukan sebaliknya, dalam penyampaian pemberitaannya kepada masyarakat justru memberikan penilaian kepada oknum tertentu yang belum tentu bersalah.

Sebuah pemberitaan akan meningkatkan nilai jualnya, bila senantiasa didalamnya ada klarifikasi dari banyak pihak. Sehingga akan menjadikan masyarakat lebih santun, dalam mensikapi sebuah pemberitaan.

Demikian ungkap Penjabat Bupati Pati Drs Ign Indra Surya dalam sambutannya, pada Tasyakuran Sekretariat PWI Pokja Pati di Kompleks Gedung Iskandar Pati, Jumat pagi, 16 Desember 2011.

“Ya berikan informasi yang seimbang. Yang baik katakan baik, yang jelek katakan jelek. Namun maksud kita, yang jelek ini nantinya kita perbaiki. Bukan berarti mempublikasikan dan atau menjatuhkan oknum-oknum tertentu,” katanya.

Penjabat Bupati Pati mengajak wartawan yang tergabung di PWI untuk seimbang dalam penyajian beritanya, serta memberikan penjelasan secara runtut terhadap suatu peristiwa atau kejadian.

“Tetapi marilah kita berfikir untuk seimbang dalam pemberitaannya, jalan keluarnya bagaimana, ditangani sejauhmana ini harus diberikan penjelasan-penjelasan yang runtun sehingga masyarakat tidak memberikan penilaian pada oknum-oknum tertentu yang seakan dijatuhkan namanya, dengan pemberitaan-pemberitaan yang mungkin belum benar,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Istianah Plangitan Pati KH Nurrohmad, berharap wartawan untuk dapat mempertimbangkan kemanfaatan pemberitaannya, untuk kemanfaatan dan kemaslahatan umat.

Penyerahan sertifikat kepada peserta pelatihan jurnalistik dasar tingkat SMA/SMK/MA se Kab Pati serta Pengajian Umum bersama Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Istianah Plangitan Pati KH Nurrohmad menandai tasyakuran Sekretariat PWI Pokja Pati.(Humas Pati)

0 komentar:

Posting Komentar