Site Map

Jumat, 30 Desember 2011

Soto Pak Denuh,Kuliner andalan Kota Kretek Kudus

KUDUS - Jika anda berkunjung ke Kota Kretek Kudus, pastikan anda juga berwisata Kuliner, makanan di Kudus memang serba enak dan murah. Pastinya soto kudus yang terkenal memanjakan lidah kita dengan hangat dan gurihnya kuah soto bertabur bawang putih, dan disajikan di mangkuk mungil yang porsinya pas di perut.

Salah satu soto kudus yang sangat terkenal adalah Soto Ayam dan Pindang Ayam Pak Denuh yang mempunyai 3 (tiga) cabang di Kota Kudus,salah satu yang paling ramai terletak diantara jalan perbatasan Kota Demak dan Kudus tepatnya di Jl AKBP Agil Kusumadya, Kudus (dekat Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus)

Menurut Pak Taram,BA sebagai pengelola Soto Pak Denuh yang juga merupakan putra almarhum Pak Denuh menuturkan dahulu sejak tahun 1945 ayahnya sudah berjualan soto, hingga akhirnya turun temurun dan dipegang oleh dia sekarang, salah satu yang menarik dari Soto Kudus seperti halnya di warung ini, adalah adanya "pikulan" yang digunakan sebagai tempat meracik soto, konon katanya pikulan ini adalah tanda untuk mengingatkan perjuangan sebagai pedagang soto keliling sehingga walaupun banyak warung soto kudus sudah menempati tempat yang permanen namun mereka tetap memajang pikulan ini.

Saat kami berkunjung kesana kebetulan Pak Taram berkenan untuk menyajikan Soto untuk kami, setelah menjumput nasi,ia lalu membubuhinya dengan toge, suwiran ayam, seledri, dan daun bawang. Setelah mengguyuri dengan kuah soto, ia menaburkan bawang putih goreng sebagai penyedap. Semangkuk kecil Soto Pak Denuh hanya Rp 7500 dan biar tambah lezat anda bisa menambahkan aneka macam sate seperti Sate Ayam, Sate Kerang, Sate Puyuh, Sate Gotro dan Sate Udang ada pula Paru yang harganya berkisar antara Rp 4000 - 8500,sebagai teman makan disediakan pula aneka minuman seperti Teh, Jeruk, Jahe maupun Soda Gembira mulai dari harga Rp 2000.

Soto Pak Denuh ini buka dari jam 7.00 (tujuh pagi) sampai jam 22 (sepuluh malam), dan biasanya dipadati pengunjung pada saat jam makan pagi, siang maupun malam, sehingga tidak heran apabila “setiap hari kami menghabiskan kurang lebih 20 – 25 Kg ayam” Ujar Pak Taram, pengunjungnya beragam dari kalangan yang memakai sepeda motor hingga bermobil, setidaknya setiap hari puluhan mobil dan motor parkir dan makan disini.Jika anda berkesempatan untuk berkunjung atau sedang lewat Kota Kudus mampirlah ke Soto Pak Denuh ini, hmmm Sluurp saya habiskan dulu ya soto yang maknyus ini .

0 komentar:

Posting Komentar