Site Map

Minggu, 18 Desember 2011

Peluang Usaha Butik Pakaian Muslim

Toko online belakangan ini makin tumbuh subur di dunia maya. Aneka toko online yang banyak bertebaran di internet menjadi website favorit bagi para pengguna internet. Banyak kemudahan yang menjadikan situs-situs ini semakin diminati oleh para pelanggannya. Para netter tidak perlu datang langsung ke toko, cukup dengan mengklik, dapat dengan mudah berbelanja aneka produk hanya dari layar komputer.

Para pelaku toko online ini biasanya terinspirasi dari amazone.com. Sebuah toko online terbesar di dunia saat ini yang menghasilkan Milyaran Dollar per tahunnya. Padahal, awalnya amazone.com didirikan hanya dari sebuah garasi yang disewa Bezos, sang pemilik amazone.com ini. Hanya butuh beberapa tahun saja amazone.com bisa tumbuh besar seperti sekarang ini.

Salah satu usaha lokal di Sragen yang bernama “Graha Busana Muslim”, tak mau ketinggalan untuk mengikuti jejak amazon.com. Sang pemilik www.grahabusanamuslim.co.cc, Ny.Heny, saat ditemui di rumahnya yang sekaligus sebagai kantor, tepatnya di Masaran Kab. Sragen, mengungkapkan bahwa toko online mempunyai masa depan yang cerah.

Wanita muda ini mengatakan, dengan berbelanja secara online, pembeli tidak perlu lagi bermacet-macet di jalan dan antre di mall. Menurutnya, belanja secara online secara perlahan akan menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia di masa mendatang. “Belanja online akan menjadi gaya hidup dan cara belanja modern karena menghemat uang dan waktu. Pembeli tidak perlu lagi bermacet-macet di jalan dan antre di mall,” katanya.

Ia mengemukakan, www.grahabusanamuslim.co.cc yang diluncurkan awal Februari 2010 itu hadir di Indonesia dengan konsep menghadirkan aneka busana muslim yang berkelas namun dengan harga yang terjangkau. “Kami hadir dengan menggabungkan kemampuan dan praktik bisnis melalui penerapan teknologi, pelayanan, efisiensi, kualitas serta syarat pembayaran yang memudahkan bagi pembeli,” katanya.

Menurut wanita berjilbab ini, belanja online memungkinkan pembeli memilih barang dari berbagai macam merk, termasuk dari harga yang termurah hingga yang termahal. Untuk menyediakan aneka produknya, ia menggandeng berbagai produsen busana muslim ternama. Salah satunya adalah produsen busana muslim Shasmira dan Qirani yang telah terkenal karena kualitasnya. “Produk kami mulai dari yang harganya dibawah seratus ribuan hingga yang mahal, Kami memberikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli hingga ke pelosok nusantara,” katanya.

Ketika ditanya kenapa lebih memilih bisnis di busana muslim, menurutnya bisnis busana muslim atau busana muslimah di Indonesia saat ini semakin subur, terlihat dari meningkatnya antusiasme kaum perempuan untuk memakai busana muslimah. Melihat perkembangan tren baju muslimah, ternyata kaum perempuan semakin selektif untuk memilih baju wanita yang mereka pakai, katanya.

Pada bulan pertama melaunching di dunia maya, dirinya hampir putus asa. Sebab, tak satupun netter yang mengunjungi toko onlinenya. Hingga ia menemukan resep bahwa sebuah toko online harus banyak diiklankan agar banyak dikunjungi para netter.

Belajar dari kegagalan pada bulan pertama, pada bulan selanjutnya ia rajin mengiklankan toko online ke berbagai media, termasuk di facebook. Alhasil, mulai pada bulan kedua tersebut, ia bersama suaminya berhasil menjual sedikit demi sedikit barang dagangannya.

Untuk bisnis butik busana muslim pun banyak variasi, antara lain produksi kerudung atau baju wanita, baju muslim, bisnis butik muslimah (kualitas lebih tinggi), busana muslim biasa (kualitas rendah-sedang), bisnis baju muslim anak dll. Usaha butik muslimah atau butik buslim semua ini punya market tersendiri. Jadi, tambahnya, tidak perlu kuatir akan kehabisan pembeli.

Wanita murah senyum ini membagi tips-tips yang perlu diperhatikan dalam bisnis butik muslim, antara lain adalah :
- Memilih bahan baku yang murah tapi berkualitas.
- Lokasi penjualan dengan target konsumen produk yang dijual.
- Tapi yang penting dalam pemasaran produk, harus berupaya dengan berbagai macam cara, cobalah promosi di koran, promosi di radio.

Tak puas dengan hanya mempunyai satu toko online yang menjual baju muslimah, wanita alumnus UNS Surakarta ini mulai mengembangkan sayap usahanya dibidang perlengkapan bayi (http://www.grahabusanaamuslim.co.cc). Kartu nama menjadi produk pertama percetakan onlinenya. Dan kini, wanita muda yang murah senyum ini mulai mengembangkan percetakan undangan online di www.masterkreasi.com.

0 komentar:

Posting Komentar