Site Map

Rabu, 21 Desember 2011

BAPPELUH GELAR UJI VARIETAS PADI INPARI

KENDAL - Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM memberikan sambutan dalam acara Hari Lepas Pertanian Uji Varietas Inpari di Desa Lomansari Kec. Gemuh, Rabu (21/12) 2011 Kendal – Salah satu upaya untuk mensosialisasikan Varietas unggul baru  yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kepada para petani adalah melalui Demplot Uji Varietas. Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan ( BAPELUH P2K ) Kabupaten Kendal menggelar Uji Varietas Padi Inpari 6, 10 dan 13, yang bertempat di Desa Lomansari Kecamatan Gemuh, Rabu (21/12). Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Provinsi Jateng,  Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Jateng, dan diikuti oleh perwakilan dari kelompok tani se Kabupaten Kendal.

“ varietas unggul baru merupakan salah satu pilihan yang dapat meningkatkan produksi baik itu secara kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu penyebaran dan pengembangannya perlu dikawal dan diarahkan pada wilayah atau Desa yang selama ini masih belum terbiasa menanam benih unggul bersertifikat’’ jelas Ir. Subaidi Kepala Bapelluh Kabupaten Kendal.

Dia Menambahkan “agar varietas unggul dapat tumbuh dan berproduksi maksimal, perlu diikuti dengan penerapan teknologi yang baik antara lain pengolahan tanah yang baik, tanam bibit muda, menggunakan sistim tanam jajar legowo, pemupukan berimbang serta pengendalian hama terpadu”, tambahnya.

Sementara itu Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM Berharap kepada para penyuluh, mantri tanam dan pengamat hama harus bisa mengawal, mendampingi serta membina keberadaan kelompok tani dalam penerapan teknologi tanam terpadu. Selanjutnya dengan adanya koordinasi  yang mantap dan pembagian peran/tugas yang jelas diharapkan pengembangan varietas unggul baru dan Teknologi Tanam Terpadu di Kabupaten Kendal dapat Berjalan dengan sukses, sehingga mampu menciptakan produktivitas tinggi, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani serta mewujudkan swasembada beras.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan piagam Pengukuhan Penyuluh Perikanan Swadaya Kabupaten Kendal kepada 10 (sepuluh) orang, penyerahan bantuan pompa air dangkal kepada kelompok tani di lima Kecamatan serta penyerahan kendaraan dinas roda dua untuk para penyuluh pertanian. (Ag/Hms Kab. Kendal)

0 komentar:

Posting Komentar