Site Map

Rabu, 11 Januari 2012

LMDH Diharapkan Tingkatkan Kemandirian

BLORA - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diharapkan bisa meningkatkan kemandiriannya seiring dengan perjalanan waktu. Apalagi banyak LMDH juga yang sering mendapatkan dana sharing dari Perhutani yang bisa digunakan untuk mendorong kemandirian petani di sekitar hutan.

Hal itu dikemukakan Administratur (ADM) KPB Blora Ir Herdian Suhartono di hadapan pengurus LMDH se Kabupaten Blora di sela-sela pengarahan usai menyerahkan dana sharing secara simbolik di Aula kantor setempat, Selasa, 10Januari 2012.

''Cita-cita saya terhadap LMDH adalah tercapainya LMDH yang mandiri, kuat, dan mengakar di masyarakat untuk mendukung hutan lestari rakyat mukti,'' tegasnya.

Namun untuk mewujudkan cita-cita tersebut diakuinya bukan hal mudah dan membutuhkan perjuangan. Ia mangatakan, ada beberapa kendala umum yang akan dihadapi, di antaranya keterbatasan modal, rendahnya SDM, kurang pembinaan, tidakadanya jaringan (link), dan rendahnya kepedulian.

''Namun dari beberapa faktor penghambat munculnya kemandirian tersebut, intinya adalah LMDH yang ada sampai saat ini masih banyak yang setengah hati,'' ujar Herdian.

Menurut alumnus Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, yang harus dimunculkan kemudian adalah motivasi diri untuk berkemnbang dan menunmbuhkan k emandirian. ''Punya modal, SDM bagus, tetapi kalau tidak ada motivasi, maka kemandirian tidak akan mengakar,'' katanya.

Selain itu, ADM KPH Blora itu mengingatkan supaya dana sharing yang dibagikan kepada LMDH-LMDH diperuntukkan untuk mendorong kemandiriannya. Misalnya dengan mengalokasikan 50% bagi usaha produktif, 30% operasional LMDH, 10 persen untuk membantu sarana prsarana desa, dan lain sebagainya.

''Sharing sudah dilakukan sekitar tahun 2003. Namun hingga sekarang belum ada LMDH yang benar-benar mandiri. Maka ke depan pengurus LMDH harus punya motivasi yang tinggi mewujudkan kemandirian LMDH agar mengakar di masyarakat untuk meraih kesejahteraan (mukti-Red),'' tandasnya.   **kontributorBlora

0 komentar:

Posting Komentar