Site Map

Selasa, 27 Desember 2011

Wabup Grobogan : Penyebaran HIV/Aids Waspadai Bersama

GROBOGAN - Dalam sepuluh tahun sejak tahun 2002 hingga November 2011 jumlah penderita HIV – AIDS di Kabupaten Grobogan berjumlah 169 orang. Dari jumlah tersebut, 47 diantaranya meninggal dunia. Salah satu penyebabnya diantaranya meraknya penggunaan Narkoba yang sangat signifikan sehingga berpengaruh pada meningkatnya HIV AIDS. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Grobogan, H. Icek Baskoro, SH, dalam sambutan upacara lima peringatan Hari Besar Nasional yang jatuh pada bulan Desember diantaranya hari Ibu, Hari Aids sedunia, Hari Nusantara, Hari anti kekerasan perempuan dan anak, dan  Hari transmigrasi bertempat di Halaman Setda Grobogan selasa kemarin (20/12).

“Dengan meningkatnya HIV –AIDS tentu menjadi sangat nyata, mutasi virus sebagai penyebab AIDS menjadi sangat akut ketika menjadi komplikasi dengan tuberkolosis, malaria dan penyakit lainnya.  Hal itu menjadi peringatan kita bersama agar bagaimana meningkatkan kewaspadaan diri terhadap ancaman penyakit tersebut yang akan menghancurkan masa depan generasi bangsa.  Ini harus benar-benar diwaspadai bersama”. Tukasnya.

Icek juga menambahkan, penekanan penyebaran HIV AIDS hanya dapat diatasi  jika pemerintah bersama penegak hukum dan masyarakat serta stoke holders melakukan pendekatan komprehensif termasuk memberikan sanksi hukum yang tegas bagi pelaku NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan zat aditif).

Sementara itu dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, tahun 2011 ada 31 orang yang terdiri dari 21 pria dan 15 wanita yang terindikasi HIV- AIDS dan 7 diantaranya meninggal dunia. Penemuan kasus HIV – AIDS di Kabupaten Grobogan diketahui dari hasil VCT (Voluntary, Consulting and testing ) atau klinik konsultasi dan pemeriksaan sukarela di rumah sakit  Yakkum Purwodadi. Korban terakhir dilaporkan menimpa seorang warga Kuripan Purwodadi, pria 49 tahun yang meninggal bulan November 2011  di rumah sakit Yakkum. (Kontributor Humas Grobogan – Anis/ Tgh/Az)

0 komentar:

Posting Komentar