Site Map

Jumat, 06 Januari 2012

Wonogiri Gelar 8 Pilkades Secara Serentak

WONOGIRI – Sebanyak 27 bakal calon Kepala Desa akan bertanding dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Wonogiri, yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 11 Januari 2012 yang akan datang. Pilkades akan digelar di 8 desa yang ada di 6 Kecamatan di Wonogiri ini. Yakni di desa Semagar (Girimarto), Hargantoro (Tirtomoyo), Selomarto (Giriwoyo), Jatirejo dan Pucanganom (Giritontro), Slogohimo dan Soco (Slogohimo), serta Kerjo Kidul (Ngadirojo).

Sebanyak 27 balon Pilkades dan Tim Monitoring serta Panitia Pilkades tersebut diundang secara khusus oleh Bupati Wonogiri untuk menerima pengarahan terkait persiapan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (4/1). Dalam arahannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE, diharapkan para bakal calon Kepala Desa bisa mengendalikan kader-kadernya agar tidak bertindak melampaui batas yang dapat mengganggu ketenangan, ketertiban dan keamanan. “Demokrasi bukanlah pemaksaan kehendak. Kita beri kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya tanpa paksaan dan pengaruh dari siapapun.”

Bupati juga mengingatkan pentingnya balon Pilkades ini agar harus siap menang dan lebih siap untuk menerima kekalahan dengan hati legowo. “Saudara sudah menentukan kehendak dan niat untuk kelak menjadi Kepala Desa apabila terpilih. Oleh karenanya harus paham betul akan konsekuensinya. Melamar untuk menjadi Kepala Desa tidak persis sama dengan melamar pekerjaan pada umumnya,” kata Bupati.

Bupati minta panitia Pilkades yang notabene memfasilitasi kepentingan para bakal calon Kepala Desa dan masyarakat pemilih yang berbeda-beda kepentingan  untuk bersikap netral agar tidak timbul permasalahan yang bisa mengganggu atau berakibat gagalnya pelaksanaan Pilkades. “Panitia tidak diperbolehkan membebani biaya kepada para bakal calon Kepala Desa. Kita harus berhemat namun tidak mengurangi kwalitas hasil kerja kita.  *KontributorWonogiri-ESTI SUCI

0 komentar:

Posting Komentar