Site Map

Senin, 09 Januari 2012

PEMKAB SRAGEN JALIN KERJASAMA DENGAN FAKULTAS HUKUM UNS

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten Sragen akan menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dalam pendampingan pembuatan kebijakan dan produk-produk hukum daerah. Menurut Kepala Bagian Hukum Setda Sragen, Suharto, SH, MH, Pemkab Sragen butuh konsultan dan pendamping yang memberikan pandangan hukum dari seorang pakar hukum untuk pembuatan produk hukum daerah.

Saat mengadakan pertemuan penjajakan kerjasama dengan perwakilan Fakultas Hukum UNS di ruang rapat Asisten Pemerintahan kemaren, Senin (9/1), Suharto mengatakan, selama ini, pemkab telah menjalin kerjasama dengan UNS. Kerjasama tersebut tertuang dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) antara Bupati Sragen dengan fakultas Hukum UNS. “Namun kerjasama selama ini hanya sebatas dalam pembuatan naskah akademik Rancanga Peraturan Daerah,” jelas Suharto.

MOU itu nantinya akan diperbaharui dan ditingkatkan tidak hanya dalam hal pembuatan naskah akademik namun jauh lebih komplek terutama dalam pengkajian-pengkajian permasalahan yang terkait dengan hukum. “Dengan kerjasama dengan UNS diharapkan tidak akan ada kebijakan-kebijakan ataupun peraturan yang bertentangan dengan hukum,” terang Suharto.

Nantinya, kerjasama dalam jangka waktu yang ditentukan itu, konsultan hukum dari Fakultas hukum UNS akan bertugas memberikan kajian-kajian dalam pembuatan produk-produk hukum, kajian permasalahan yang terkait dengan hukum dan kajian pengambilan kebijakan. “Intinya konsultan dari Fakultas Hukum UNS akan berperan dalam pengkajian, pendampingan dan bantuan hukum,” jelasnya.

Sementara, perwakilan dari Fakultas Hukum UNS, Is Haryanto, SH, MH saat pertemuan itu mengatakan Fakultas Hukum UNS siap menjadi konsultan dan memberikan pendampingan kepada pemkab Sragen untuk hal-hal yang terkait dengan hukum dan perundang-undangan.”Kami siap membantu dan menjalin kerjasama dengan Pemkab Sragen,” jelas Is Haryanto.

Pertemuan kemaren masih merupakan penjajakan dan pertemuan awal. Selanjutnya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut untuk mewujudkan jalinan kersama ini. (kontributor Sragen)

0 komentar:

Posting Komentar