Site Map

Rabu, 11 Januari 2012

Salatiga Raih Penghargaan Kota Terbaik Ke-3 Penataan Ruang

SALATIGA - Kota Salatiga berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbaik peringkat ke-3 dalam kinerja pemerintah daerah bidang pekerjaan umum khususnya bidang penataan ruang pada Jumat (31/12) lalu. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Direktur Perkotaan Dirjen Penataan Ruang Kementerian PU, Joessair Lubis kepada Walikota Salatiga, Yuliyanto SE, MM, di ruang sidang II Pemerintah Kota Salatiga.

Joessair Lubis mengatakan bahwa penilaian kali ini lebih ditekankan pada kesiapan kelembagaan termasuk di dalamnya regulasi yang mengatur mengenai tata ruang. Seperti yang sudah dimiliki oleh Kota Salatiga, perda Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RT/RW).

Sementara itu, aspek penilaian lebih ditekankan pada pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan dalam bidang penataan ruang. Kriteria penilaian selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, untuk itu dibentuklah tim penilai independen baik dari perguruan tinggi maupun para pakar tata ruang supaya penilaian dapat dilakukan dengan sangat ketat dan objektif.

Awalnya penilaian dilakukan terhadap tujuh kota di Indonesia, termasuk Salatiga. Setelah melalui sejumlah tahapan penilaian, Salatiga lolos ke empat besar dan akhirnya ditetapkan sebagai juara ketiga, setelah juara pertama diraih Banda Aceh dan juara kedua diraih Jogjakarta. Dengan adanya penghargaan ini, Walikota Salatiga berharap kepada semua elemen supaya menjadikan penghargaan tersebut sebagai pemacu kinerja ke depan agar lebih baik dari sebelumnya.  *kontributorSalatiga

0 komentar:

Posting Komentar