Site Map

Selasa, 03 Januari 2012

2 Juta Rumah di Jateng Belum Berlistrik

CILACAP - Dari 8 juta jumlah kepala keluarga di Provinsi Jawa tengah, hingga sekarang ini lebih dari 2 juta diantaranya masih belum dapat menikmati penerangan listrik.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo beberapa waktu lalu mengatakan, jumlah ribuan rumah yang belum berlistrik ini tersebar disekitar 4.400 dusun yang memang belum masuk jaringan listrik. Gubernur menyampaikan hal ini saat memberikan sambutan selamat datang kepada Presiden SBY pada acara peresmian proyek pembangunan Residuel Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap akhir 2011 lalu.

Padahal disisi lain, Jateng itu merupakan salah satu interkoneksi jaringan untuk Jawa Madura Bali dengan beban sekitar 2.900 Mega Watt. Menurut Gubernur, kapasitas yang ada saat ini hanya sekitar 2.000 Mega Watt. "Itu artinya harus ada upaya terus menerus untuk memenuhi pembangkit listrik di Jateng" tegasnya.

Dalam hal ini antara lain dengan melakukan pembangunan jaringan pembangkit listrik seperti Paiton Suralaya Banten, PLTU Jepara Rembang dan PLTU Adipala, Cilacap yang direncanakan akan berkapasitas 660 Mega Watt. Apabila pembangunan ini terealisasi, maka menurut Gubernur, wilayahnya akan memberikan kontribusi listrik untuk Pulau Jawa Bali Madura pada tahun 2014 mendatang.

Pembangunan sejumlah pembangkit ini juga diyakini akan meningkatkan Ratio Elektrifikasi (RE) atau perbandingan antara jumlah rumah yang ada dengan rumah yang belum berlistrik. Dengan demikian, pada beberapa tahun ke depan, ribuan rumah penduduk di Jateng yang belum berlistrik akan semakin berkurang.

Sementara dalam upaya untuk mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah sampai tahun 2011 ini, Jateng telah membangun dan merehabilitasi 27 unit PLTMH, 4.107 tenaga surya dan 7 unit PLTS komunal yang tersebar di 17 kabupaten di Jawa Tengah. *humascilacap_romly

0 komentar:

Posting Komentar